kuingin merubah hidup ku agar jauh lebih baik baik lagi

Minggu, 24 April 2011

10 cara praktis merawat mesin timor


Usia sejumlah komponen mobil memang memiliki usia atau masa pakai dan hal itu dapat diperpanjang denganperawatan mobil yang mudah dan murah. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan sebelum waktunya.

1. Sebelum mematikan mesin, kecilkan volume suara dan matikan sistem audio kendaraan. Dengan mematikan audio sebelum mematikan mesin, setidaknya sistem audio tidak menyimpan arus listrik.

2. Luruskan ban mobil saat parkir sebelum mematikan mesin. Dalam kondisi diam dan setir dibelokkan, maka putaran mesin akan naik jika mobil kembali dihidupkan. Pasalnya, power steering dirancang untuk bekerja saat setir dalam keadaan tidak lurus.

3. Matikan dahulu AC sebelum mesin dimatikan. Cara ini membuat bearing atau bantalan roda dan beberapa komponen kompresor AC akan berumur panjang.

4.Periksa tekanan angin ban sesering mungkin. Kekurangan tekanan angin dapat membuat permukaan ban aus tidak merata.

5. Halangi kaca depan saat mobil parkir di tempat terik. Anda bisa menggunakan karton, koran, atau kain untuk menutup kaca depan agar sinar ultraviolet dari sinar matahari tidak masuk ke dalam kabin

7. Hindari menghantam lubang dalam kecepatan tinggi.

8. Jangan membiarkan putaran mesin terlalu tinggi. Bila mobil Anda bertransmisi manual, segera pindahkan posisi gigi ke posisi yang lebih rendah.

9. Lakukan pemeriksaan rutin ke bengkel resmi sesuai buku manual service. Pastikan kondisi filter udara, radiator, busi, hingga air aki dalam kondisi sempurna.

10. Gunakanlah selalu oli mesin yang berasal dari bahan baku sintetik yang secara khusus diformulasikan dengan aditif bermutu tinggi, sehingga dapat memberikan keuntungan lebih baik dibanding minyak pelumas mineral.
Selamat Mencoba.....

by: 007

12 komentar:

  1. mas saya ada permasalahan di mobil timor....ketika mobil timor saya panas pada mesin itu susah untuk menghidupkan lagi itu masalahnya di apanya ya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo bro firman, dulu timor saya juga sama begitu, ketika mesin sudah panas dan pada saat di stater akan terasa susah bahkan tidak mau nyantol sama sekali, permasalahan nya itu bisa jadi karna dinamo starter nya sudah saat nya service. bawa saja ke bengkel dinamo, waktu saya service ternyata bostelnya di ganti dan ternayata bener, di stater langsung greengg.. atau mungkin masalah lainnya ada di kelistrikan..

      Hapus
  2. Ngebul banyak faktor ada yang bengkel lupa minyakrem bocor dan terbakar thanks

    BalasHapus
  3. Ngebul banyak faktor ada yang bengkel lupa minyakrem bocor dan terbakar thanks

    BalasHapus
  4. Timor sy bunyi srekk.. Srekk srekk disblah kanan mesin dekat timing belt baik baru dinyalakan ataupun msin sudh panas sama buntinya.. Mhn pncerahan dan aolusibya thanks

    BalasHapus
  5. Timor sy bunyi srekk.. Srekk srekk disblah kanan mesin dekat timing belt baik baru dinyalakan ataupun msin sudh panas sama buntinya.. Mhn pncerahan dan aolusibya thanks

    BalasHapus
  6. Timor sy bunyi srekk.. Srekk srekk disblah kanan mesin dekat timing belt baik baru dinyalakan ataupun msin sudh panas sama buntinya.. Mhn pncerahan dan aolusibya thanks

    BalasHapus
  7. Mas, bisa gak power stering dinonaktifkan dgn melepas karet belting

    BalasHapus
  8. Mas, bisa gak power stering dinonaktifkan dgn melepas karet belting

    BalasHapus
  9. Mas mobil Timor saya klo udah panas kadang susah d setaer
    Trs kalo tutup radiatornya d buka trs d gas airnya nyebur kira" apanya ya yg rusak/ yg perlu d perbaiki

    BalasHapus